mamzerd mayuroid

AFFILIATES

Posted by : Ridhwan Kurniantoro Sabtu, 28 Januari 2012

Assalamualaikum sobat ^^

kalo lagi siang2 gini , males banget bicarain soal GALAU , mending kita belajar PEMROGRAMAN lagi nyook.. oke cekidoot

Tipe-tipe data


Komputer bisa diartikan sebagai alat untuk menghitung. Untuk melakukan proses perhitungan tersebut, maka dibutuhkan data yang akan diproses. Tipe data ada beberapa jenis yaitu :
1. Tipe data karakter
2. Tipe data bilangan bulat.
3. Tipe data bilangan pecahan.
Jika kita membutuhkan suatu tipe data yang baru yang tidak terdapat pada tipe data standar, maka kita dapat membuat tipe data baru dengan menggunakan perintah struct. Perintah struct akan dijelaskan pada bab selanjutnya.
Setiap tipe data mempunyai jangkauan nilai yang berbeda.

1. Tipe data karakter

Untuk tipe data karakter kita gunakan perintah char.
Contoh
char karakter;
char kar1,kar2,kar3;
char kar4=’A’;
char kar5=65;

Tipe data ini mempunyai jangkauan dari 0 sampai 255 atau karakter ASCII ke 0 sampai karakter ASCII 255. Tipe data karakter bisa ditampilkan sebagai suatu karakter atau sebagai suatu bilangan. Hal ini tergantung dari bagaimana penulisannya apakah dianggap sebagai karakter atau sebagai bilangan.
Untuk menuliskan isi dari data bertipe char adalah dengan menggunakan printf dengan format penulisannya menggunakan tanda %c kalau ingin ditampilkan sebagai suatu karakter atau dengan %i jika ingin ditampilkan sebagai suatu angka.
Pemberian nilai kepada suatu karakter digunakan perintah sebagai berikut :
karakter=’A’;
Atau
karakter=65;
Kedua cara tersebut menghasilkan suatu efek yang sama yaitu memberikan nilai 65 atau karakter A ke variabel karakter. Kalau pengisian variable ingin menggunakan karakter maka karakter yang akan dimasukan harus diapit dengan tanda apostrof.
Untuk melihat nilai yang ada dalam suatu variable yang bertipe char gunakan perintah berikut :

printf(“Karakter dilihat dalam bentuk karakter = %c.\n”,karakter);
printf(“Karakter dilihat dalam bentuk angka = %d.\n”,karakter);

Contoh program




Hasil dari eksekusi program adalah :

Nilai variable K1 adalah A
Nilai variable K2 dalam bentuk angka = 65

Keterangan program Lat2.CPP
Perintah “char k1,k2;” pada baris 6 berarti program memesan 2 buah tempat di memori untuk menyimpan data bertipe karakter dengan nama k1 dan k2.
Perintah “k1=’A’;” pada baris 7 adalah perintah untuk memasukan nilai karakter A kapital ke dalam variable k1 sehingga untuk baris berikutnya k1 berisi karakter A kapital atau angka 65.
Perintah “k2=k1;” pada baris 8 berarti bahwa nilai k2 diisi dari nilai k1 sehingga isi k2 sama dengan isi variable di k1.
Perintah printf pada baris 9 berarti perintah penulisan ke layar sesuai dengan format “Nilai variable k1 adalah %c\n”. Karakter %c tidak dicetak sebagai %c tetapi akan diganti dari variable yang sesuai dengan urutannya yaitu k1 dalam bentuk karakter. Perintah printf pada baris 10 cara kerjanya sama dengan perintah printf pada baris 9 bedanya hanya tanda %d berasal ditulis berdasarkan isi variable k2 yang dicetak dalam bentuk angka bukan karakter. Tanda %d digunakan untuk format pencetakan data dalam bentuk bilangan bulat.
Perintah getch() digunakan untuk menunggu sampai pengguna menekan sembarang karaker.
Perintah return digunakan untuk memberikan nilai kembalian dari fungsi main().

2. Tipe Data Bilangan Bulat



Tipe-tipe data yang ada dalam table tersebut khusus untuk data yang nilai bilangannya bulat. Cara pendeklarasian tipe data ini sama seperti pendeklarasian lainnya, yaitu :

int a;
unsigned int b;
char c;
long d;

Contoh Program :


Perintah di atas akan menampilkan hasil seperti di bawah ini :


3. Tipe Data Bilangan Pecahan

Tipe data untuk bilangan pecahan terdiri dari beberapa jenis yaitu :


Contoh Program



Hasil eksekusi program dapat dilihat di bawah ini :


udah dulu yah sob, sebenernya di BAB 3 ni masih panjang banget ni baru stengahnya jja, c tangan ku udah pegel doain jja ya supaya nanti sore bisa dilanjut oke ^^

Wassalam,

Copyright ©2013 RIEDZ • Design by DJOGZS and MAMZ and RIEDZGoogle+